Berita Terkini


TINGKATKAN KESEJAHTERAAN RT RW, PEMKAB KENDAL FORMULASIKAN ADD

Kamis, 10 Oktober 2019 18:40:41

KENDAL ( Sukorejo ) - Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, M.Si dalam kegiatan Pembinaan Karakter Kebangsaan, Kamis (10/10/2019) di Gedung IPHI Kecamatan Sukorejo bakal meningkatkan kesejahteraan para Ketua RT dan RW dengan mencari celah atau memformulasikan dana dari Anggaran Dana Desa dari Pemerintah Kabupaten Kendal.

Berbicara di depan para ketua RT dan RW se Kecamatan Sukorejo, Bupati Mirna menjelaskan,"Meminta peningkatan kesejahteraan RT dan RW seharusnya bukan pada Bupati melainkan Kepala Desa yang sudah diberikan ADD dari Kabupaten dan DD dari Pusat. Namun kita akan berusaha untuk mencari celah dalam regulasi supaya bisa meningjkatkan kesejahteraan RT dan RW melalui Anggaran Dana Desa," ucap Bupati menjawab usulan beberapa ketua RT dan RW.

Dikatakan, nantinya tunjangan untuk Ketua RT dan RW akan distandarisasi sehuingga semua RT dan RW menerima jumlah tunjangn yang sam di Kabupaten Kendal.

Disampaikan pula, ketika semua proyek infrastrutur fisik sudah selesai maka lewat ADD tunjangan RW dan RT bisa diberikan atau ditingkatkan. Skema pemberian tunjangan nantinya menurut Bupati akan dikelola dan diberi payung hukum supaya tidak bermasalah di kemudian hari.

"Harapan Saya tahun depan ( 2020 ) tunjangan RT dan RW sudah bisa dinikmati para Ketua RT dan RW sehingga komunikasi untuk kelancaran pembangunan antara Pemkab dan Desa dan kelurahan bisa efektif serta efisien," kata Bupati.

Sementara Kapolres Kendal AKBP hamka Mappaita dalam pengarahannya minta  para Ketua RT dan RW mampu menjadi tangan panjang Pemkab dalam mengkomunikasikan program pembanguna baik lokal kabupaten propvinsi maupun nasional.

"Panjenengan semua merupakan orang pilihan yang memiliki kemampuan yang berhubungan langsung dengan masyarakat desa, mulut dan telinga pemerintah yang memiliki fungsi sebagai penyampai kebijakan - kebijakan pemerintah desa, daerah maupun nasional dan sebagai penerima aspirasi pertama masyarakat, berada di tengah konflik masyarakat sehingga panjenengan yang memiliki pemahaman lebih terhadap sekala permasalahan dan konflik yang terjadi di linkungan warga pajenengan," beber Kapolres.

Komandan Kodim 0715 Kendal Letkol Inf. Ginda Mohamad Ginanjar menyampaikan vitalnya Ketua RT dan RW sebagai komunikator yang menyampaikan pesan - pesan serta program pembangunan yang tepat. Sehingga semua yang dilakukan RT dan RW dan masyarakatyang dinaunginya terbiasa menedepankan komunikasi dalam memaulai segala sesuatu. ( Kominfo heDJ )


Indeks Berita