Berita Terkini


PEMKAB KENDAL BERI PEMBINAAN KEBANGSAAN KEPADA RT/RW DI KALIWUNGU

Selasa, 05 November 2019 15:32:11

Kendal- Pemerintah Kabupaten  Kendal melakukan Pembinaan Karakter Kebangsaan dan Membentuk Agen-Agen Kebangsaan untuk RT/RW di Kecamatan Kaliwungu, Selasa (5/11/2019) bertempat di Pendopo Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Acara tersebut dihadiri Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si., beserta dengan Forkopimda dan OPD terkait.

Kapolres Kendal, AKBP. Hamka Mappaita, S.H., pada acara itu mengucapkan terima kasih kepada para ketua RT/RW di Kecamatan Kaliwungu, karena selama ini turut serta menjadi palang pintu terdepan ditengah-tengah masyarakat, sehingga masyarakat terus menjadi masyarakat yang baik.

Kapolres Hamka juga menyampaikan, “seluruh masyarakat Indonesia yang mengatasnamakan Bangsa Indonesia, baik itu Bupati, Dandim, Kapolres ataupun yang lainnya memang sudah melekat agen kebangsaan di dalam dirinya. Apalagi RT/RW yang memang orang-orang pilihan kemudian dipilih oleh masyarakat dengan kemampuan lebih, maka dari itu jangan heran kalau ada RT/RW hingga 20 tahun, itu karena sosoknya yang sangat dihargai. Sosok yang dihargai inilah yang kita harapkan mampu menjadi agen-agen kebangsaan yang bisa menyampaikan pesan-pesan kebaikan kepada masyarakat, ini sudah menjadi agen kebangsaan”.

Dandim Kendal, Letkol Inf Ginda Muhammad Ginanjar dalam sambutannya menyampaikan, “kehadiran kami di suatu wilayah tentunya ada kaitannya dengan pemerintahan, kami TNI dan Polri mempunyai dibidang spesifik di bidang Pertahanan dan Keamanan Negara, sesuai undang tujuan dari perundang-udangan, yaitu negara ini hadir untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau umum, mencegah ancaman-ancaman baik dari dalam maupun dari luar, namun yang paling penting adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. InsaAllah kalau kita mendukung pemerintah daerah, maka segala pembangunan akan berjalan dengan lancar, sehingga akan berdampak baik untuk kesejahteraan masyarakatnya”.

Dandim Kendal, Ginda mengungkapkan, bahwa kondisi di Kendal ini sangat kondusif, terbukti pada pemilihan umum 2019 berjalan lancar dan sukses. ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Kendal, dan berharap kondisi ini tetap dipertahankan, sehingga akan terwujud  situasi yang aman dan kondusif. “Hal itu pasti dapat terwujud karena saya melihat langsung hubungan masyarat kepada Ibu Bupati Kendal sangatlah luar biasa,” tuturnya.

Kemudian acara dilanjutkan dialog antara warga dengan Permeritah Kabupaten Kendal. Warga Kecamatan Kaliwungu, Nurohim selaku Ketua RW.01 Krajan Kulon Kaliwungu dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa jalan di RW semtepat sudah hampir seratus persen, namun ada kendala sedikit untuk akses jalan, karena terhalang tiang listrik yang berada ditengah-tengah jalan, sehingga mobil tidak bisa masuk. Ia meminta kepada Bupati Mirna untuk bisa membantu persoalan tersebut. Ketua RT.01 Dusun Suking Desa Sumberejo juga menyampaikan, sebentar lagi memasuki musim hujan, agar tidak terjadi banjir, ia meminta kepada bupati Mirna untuk bisa mengeruk sungai yang sudah sangat dangkal. Sementara Ketua RW.01 Desa Sarirejo, mendengar adanya informasi tentang pemangkasan surat yang tidak harus melaui RT/RW, yang mana hal itu pasti akan menghawatirkan warga RW setempat, dan pihaknya meminta klarifikasi kepada Bupati Mirna.

 Apa yang disamapaikan warga, lalu ditanggapi oleh Bupati Mirna. Ia mengatakan bahwa terkait surat RT/RW akan tetap dipertahankan, karena di Negara Indonesia ini punya dua asas, yaitu kekeluargaan dan gotong royong. “Mau menjabat apapun apapun jika membutuhkan surat, mereka pasti akan sowan kepada RT/RW, karena tidak akan ada camat, bupati bahkan negara ini kalau tidak ada RT/RW,” tuturnya

Bupati Mirna berpesan kepada warga, agar jangan langsung percaya kepada media sosial sebelum ditanyakan kepada narasumbernya, kecuali berita itu muncul dilaman Kecamatan Kaliwungu atau di laman online Pemkab Kendal dan di media-media yang bisa dipertanggungjawabkan. Maka dari itu, menurut Bupati Mirna gunanya agen-agen kebangsaan berfungsi untuk menjaga warga di lingkungan sekitar, termasuk memberitahukan kepada lingkungan agar jangan langsung percaya kepada berita-berita yang belum tentu kebenarannya.

Terkait dengan tiang listrik yang berada ditengah jalan, Bupati Kendal menyampaikan agar besok perwakilan dari pemerintah desa bisa langsung berkoordinasi dengan dinas terkait, sehingga secepatnya bisa dipindahkan. Kemudian untuk pengerukkan sungai, Bupati Mirna meminta pihak desa berkoordinasi dengan kecamatan untuk diajukan kepada dinas terkait, sehingga bisa cepat terealiasi.

(Diskominfo/HR)

 


Indeks Berita