Berita Terkini


RAPAT PARIPURNA MENYAMPAIKAN 6 RAPERDA KABUPATEN KENDAL ANGGARAN 2019

Sabtu, 30 November 2019 12:39:47

Kendal- DPRD Kendal gelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Propemperda Kabupaten Kendal Tahun 2020, Persetujuan Bersama Raperda Kabupaten Kendal Tentang APBD Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2020 dan Penyampaian 6 Raperda Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2019, Jumat malam (29/11/2019) bertempat di ruang rapat Pari Purna DPRD Kendal, Jawa Tengah.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Kendal, Drs. H. Masrur Masykur mewakili Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si., dan Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun beserta para Wakil Ketua DPRD Kendal dan para Angoatanya. Turut hadir para Kepala OPD dan para camat di Kabupaten Kendal.

Acara diawali dengan pembacaan Propemperda, dan pembacaan Rancangan Keputusan Dewan Tentang Penetapan program Pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Tahun 2020 oleh Sekretaris DPRD Kendal. Kemudian apa yang disampaikan mendapatkan persetujuan dari para anggota dewan. Acara dilanjut dengan Persetujuan Bersama Raperda Kabupaten Kendal Tentang APBD Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2020.

Disampaikan oleh Ketua DPRD Kendal, H Muhammad Makmun, sebagaimana diketahui bersama bahwa Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2020 telah disampaikan oleh Saudari Bupati Kendal pada hari Senin tanggal 9 September 2019, Badan Anggaran melakukan konsultasi dengan Komisi untuk memperoleh masukan terhadap program dan kegiatan yang ada dalam Rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) dan pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (KUA).

Selanjutnya, Rancangan PPAS dan Konsultasi dengan Komisi  dilaksanakan melalui rapat DPRD serta telah di bahas oleh Badan Anggaran DPRD Kabupaten Kendal bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal pada hari Senin tanggal 11 Nopember 2019 di ruang Paripuma, dan Kamis tanggal 21 Nopember 2019 sampai dengan hari Rabu tanggal 27 Nopember 2019 di ruang Soka Lantai 2 Hotel Grage Cirebon, serta hari Kamis tanggal 28 Nopember 2019 diadakan Rapat penyimpulan di ruang Rapat Gedung DPRD Kabupaten Kendal.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Bupati Masrur menyampaikan, untuk mendukung pelaksanaan program pembangunan pemerintah di daerah Kendal tercinta ini. Pemerintah Kabupaten Kendal telah menyusun enam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).

”Pertama adalah Raperda tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 9 Tahun 2010 tentang Pedoman Pendirian dan Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi di Kabupaten Kendal. Kedua, Raperda Penyelenggaraan Kearsipan, ketiga, Raperda Tentang Lambang Daerah Kabupaten Kendal, keempat, Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Kendal, kelima, Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Kendal, dan keenam, Raperda Tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirto panguripan, dan Raperda Tentang Perseroan  Daerah Bank Perkreditan Rakyat Kendali Artha,” ujar Wakil Bupati Masrur

Wakil Bupati Kendal juga berharap, dengan disusunnya Raperda ini diharapkan dapat mewujudkan kepastian hukum sekaligus merespon dinamika yang ada di daerah serta tetap mempertimbangan aspek kebutuhan ketahanan pangan.

“Demikian 6 (enam) Raperda yang dapat Saya sampaikan pada kesempatan ini. Sedangkan untuk penyempurnaan materi lainnya sebagaimana diatur dalam Raperda segera dibahas lebih lanjut dalam rapat panitia khusus dan dapat disetujui bersama dalam waktu tidak terlalu lama,” tutup Wakil Bupati Masrur mengakhiri sambutan bupati.

Acara diakhiri dengan penandatanganan naskah dan penyerahan berita acara persetujuan bersama Bupati Kendal atau yang mewakili  dengan DPRD Kendal.

(Diskominfo/HR)


Indeks Berita