Berita Terkini


Pusat Nilai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Kendal Sangat Baik

Rabu, 12 Februari 2020 13:23:05

KENDAL - Pemerintah Kabupaten Kendal yang dalam sistem pemerintahannya telah menggunakan SPBE ( Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ) mendapat penilaian sangat baik dengan skor 3.76 pada 2019 sebelumnya 2018 memperoleh nilai 2.94 dari Pusat ( Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara ).

Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Moh. Toha,ST.,MT., mengungkapkan hal tersebut saat membuka Rapat Koordinasi TIK ( Teknologi Komunikasi dan Informasi ) jajaran Pemkab Kendal, Rabu (12/2/2020) di Ruang Ngesti Widhi. Penilaian Pusat tersebut menurut Sekda, membuktikan bahwa Pemkab Semakin baik dalam menerapkan manejemen pemerintahan yang semakin terpadu dan terarah dengan berbasiskan jaringan teknologi informasi.

"Apa yang telah kita raih ini harus kita tingkatkan dengan penerapan aplikasi di semua lini pemerintahan di semua OPD dengan baik dan konsisten baik melalui aplikasi umum maupun aplikasi khusus," kata Sekda Toha.

Lebih lanjut semua OPD harus update dengan aplikasi yang telah digunakan dan inovatif terhadap aplikasi khusus yang dapat membantu jalannya operasional pemerintahan di masing - masing bidang khususnya terkait kualitas layanan publik yang cepat, tepat dan berkualitas.

Dalam hal pengembangan SPBE, Sekda Toha meminta Dinas Kominfo dan Bagian Organisasi Setda Kendal untuk mengawal sehingga Good Governance dan Good Goverment yang diharapkan semakin baik dan melayani masyarakat.

Sementara, Asisten Administrasi Umum Sekda Kendal Tatang Iskandariyanto, SH berharap Rakor TIK tersebut mampu mengidentifikasi kebutuhan untuk TIK Pemkab Kendal berupa pembuatan dan pengembangan aplikasi untuk layanan publik dan informasi menejemen serta identifikasi kebutuhan jaringan internet ( fiber optic ) di wilayah OPD masing - masing dan lokasi untuk publik atau masyarakat.

Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Danu Wicaksono, SSTP menambahkan, untuk aplikasi TIK yang bersifat umum dan Khusus, tiap OPD diharapkan memberikan laporan adanya kesulitan atau penambahan kebutuhan. Dan untuk penambahan jaringan dan hot spot nantinya akan ditambah tentunya harus dikonsultasikan sesuai dengan anggaran yang disediakan.

Kegiatan Rakor TIK diikuti seluruh pengampu TIK di masing - masing OPD dibuka oleh Sekretaris Dinas Kominfo, Rini Utami, SH, MA. ( Kominfo / heDJ )


Indeks Berita