Berita Terkini


Imbas Covid-19, Mirna Annisa Menghentikan Sementara Retribusi Pasar

Senin, 23 Maret 2020 13:34:13

Kendal - Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si melakukan pengecekan aktifitas di Pasar Kendal Kota dan Pasar Gladak Kaliwungu, pengecekan dilakukan lantaran adanya penyebaran wabah Covid-19 yang saat ini sedang menyebar di Indonesia.

Selain pengecekan aktifitas pasar, Bupati Kendal turut memberikan sosialisasi kepada pedagang pasar maupun pengunjung untuk menjaga kesehatan serta kebersihan, sekaligus melihat beberapa tempat cuci tangan yang ada di pasar.

Bupati Kendal Mirna Annisa menjelaskan, dari hasil kunjungan ke dua tempat pasar tradisional yang ada di Kendal, rata-rata sepi pengunjung. kesempatan yang dilakukan juga untuk sosialisasi tentang wabah Covid-19 dengan mengajak warga untuk sering cuci tangan.

Adapun dampak sepinya pasar, Bupati Kendal mengambil kebijakan untuk sementara waktu retribusi pasar akan dihentikan hingga kondisi kembali normal.

“Kasian dampak dari virus ini memang mengharuskan kita untuk tidak sering beraktifitas diluar rumah atau mengisolasi diri selama 14 hari, dampaknya memang di pasar jadi sepi. maka dari itu sekarang yang bisa dilakukan pemerintah daerah saat ini untuk menghapus retribusi sementara hingga kondisi mulai reda terutama wabah covid 19 ini,” jelas Mirna Annisa, Senin (23/3/2020).

Adapun selain mengajak warga untuk cuci tangan dan tidak terlalu sering berkumpul, Mirna Annisa meminta warga untuk bersabar dalam kondisi seperti ini dan meminta agar masyarakat tidak terlalu panik sehingga berimbas pada pembelian kebutuhan pokok yang berlebih dan mengakibatkan kelangkaan.

Disisi lain Mirna Annisa juga menyempatkan melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok di pasar termasuk juga ikut membeli terutama buah pisang ,semangka dan membeli jahe.

Sementara maraknya isu penutupan pasar yang beredar di pedagang pasar, Bupati sendiri menjawab tidak ada penutupan secara total melainkan penutupan dalam hal ini adalah dilakuka penyemprotan disinfektan dan hal itu dilakukan pada sore hari yang memiliki aktifitas kecil saat di pasar.(Kominfo/ AK)


Indeks Berita