Berita Terkini


MENTERI PERTANIAN BERSAMA BUPATI KENDAL MEMANEN JAGUNG

Sabtu, 27 Juni 2020 20:49:53

Kendal – Sektor pertanian yang berada di Jawa Tengah dinilai oleh Menteri Pertanian RI Dr.H. Syahrul Yasin Limpo, SH.,M.Si.,MH berproduksi secara maksimal baik disektor tanaman padi, jagung bakan sektor peternakan.

Bersama Bupati Kendal dr.Mirna Annisa,M.Si Meneteri Pertanian (Mentan) berkesempatan melakukan panen jagung Hibrida di Desa Pucangrejo Kecematan Gemuh Kabupaten Kendal. Menurutnya Kendal berpotensi menjadi daerah dengan ketahanan pangan yang kuat dengan meliahat hasil panen dan lausan lahan yang terbilang luas.

“Sesuai dengan intruksi Presiden Jokowi yang sangat konsen mendorong para kepala daerah untuk dapat menjaga akselerasi perkebangan pertanian, intinya dari hasil saya melihat langsung produksi pertanian Jawa Tengah tidak mengalami penurunan,” terang Syahrul Yasin Limpo, Sabtu (27/6/2020).

Lebih lanjut Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan permintaan di sektor komoditi sayur justru terus mengalami peningkatan permintaan. Menteri Pertanian menyimpulkan bahwa sektor pertanan selama 2 tahun kedepan menjadi bisnis yang menjanjikan. Untuk dapat mendukung sektor pertanian, peran perbankan sangat diperlukan terutama dengan program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kabupaten Kendal sendiri dalam penyerapan KUR dari Januari hingga Juli 2020 telah mencapai Rp 71,5 miliar, namun Syahrul Yasin Limpo menyarankan untuk penyerapan KUR dapat mencapai Rp 250 miliar.

Disisi lain Bupati Kendal menyampaiakan jika dearahnya memiliki lahan keseluruhan 46.419.4 hektar, 24.000 hektar merupakan lahan sawah dan 22.000 hektar merupakan tegalan, selain itu Mirna Annisa turut menyampaikan jika Kabupaten Kendal merupakan daerah pengasil telur ayam nomor 2 di Indonesia.

“Produksi padi tahun 2019 kami mencapai 236.370 ton gabah kering, sedangkan hasil jagung mencapai 215.086 ton, sedangkan Kendal juga menjadi penghasil telur ayam terbesar nomor 2 di Indonesia termasuk minyak cengkeh menjadi komoditi ekspor di Eropa,” Jelas Mirna Annisa.

Dipenghujung acara menteri pertanian menyerahkan bantuan traktor serta bibit kepada kelompok tani yang ada di Kendal sekaligus memberkan bantuan kredit usaha rakyat dari bank untuk peternak dan petani di Kendal.

(Diskominfo/AK)


Indeks Berita