Berita Terkini


BPN KENDAL SOSIALISASIKAN PTSL TAHUN 2021

Selasa, 12 Januari 2021 17:42:30

Kendal- Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kendal menggelar Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2021 dan pengambilan sumpah jabatan kepada panitia penyelenggara, Selasa (12/01/2020) bertempat di Aula Rumah Makan Aldila Kabupaten Kendal.

Hadir dalam acara tersebut, sekaligus menjadi narasumber, yaitu Wakil Bupati Kendal Drs. H. Masrur Masykur mewakili Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si., Kasat Reskrim Polres Kendal, Dandim Kendal, Kepala Kejaksaan Negeri Kendal, Kepala Bakeuda Kendal, dan Kepala Kesbangpol Kendal. Acara itu diikuti oleh Kepala Desa dan Sekretaris Desa di Kabupaten Kendal.

Acara diawali dengan pengambilan sumpah jabatan kepada para panitia penyelenggara PTSL di wilayah Kabupaten Kendal.

Dalam sambutannya Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kendal Priyanto menyampaikan, bahwa di tahun 2021 kembali mendapatkan kuota 65.433 bidang tanah yang akan didaftarkan. "Perlu kita ketahui bahwa perkiraan bidang jumlah tanah di Kabupaten Kendal sekitar 558.325 bidang, dan sampai saat ini bidang tanah yang sudah terdaftar ada 400.221 bidang, sehingga ada 158.104 bidang yang belum terdaftar. Kemudian di tahun 2021 ini kami mendapatkan kuota 65.433 bidang tanah yang akan didaftarkan," ujarnya.

Priyanto juga berharap, dengan adanya sosialisasi ini, PTSL tahun 2021 di Kabupaten Kendal dapat berjalan dengan baik, sehingga pendaftaran seluruh bidang tanah di wilayah Kabupaten Kendal ditargetkan rampung pada tahun 2023.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Kendal H. Masrur Masykur mengucapkan terima kasih atas perhatian dan komitmen BPN dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Kendal, dengan menggulirkan serangkaian program pro rakyat, salah satunya adalah program PTSL bagi masyarakat Kabupaten Kendal.

Wakil Bupati Kendal juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kendal mendukung penu program PTSL Tahun 2021 di wilayah Kabupaten Kendal. "Pemkab Kendal sangat mendukung penuh adanya PTSL, karena jika program tersebut di Kendal sukses, maka akan dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat, sebab sertifikasi memberikan kekuatan hukum atas hak milik tanah, tentunya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, karena tanahnya bisa mereka jadikan tempat usaha, dan lain sebagainya. Selain itu berdampak pula pada peningkatan pendapatan asli daerah," tuturnya.

Menurut Wabub Masrur, melalui program ini, Presiden telah menginginkan kepada masyarakat tidak ada Iagi permasalahan sengketa tanah. Justru tanah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan perlindungan hukum yang menjadikan masyarakat merasa aman, nyaman, dan tenang, serta memiliki tanda bukti kepemilikan tanah.

"Dalam kepenggurusan program PTSL ini adalah  gratis apa bila berkas pengajuan sudah Iengkap dan tinggal diajukan saja ke Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal. Saya berharap, agar program ini dapat disosialisasikan kepada masyarakat Iuas sehingga masyarakat yang dahulu dapat berpikir bahwa kepengurusan tanah rumit dan mahal dapat dihilangkan," kata Wabub Masrur.

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh jajaran aparatur pertanahan, baik camat, kepala desa dan semua pihak agar dapat bekerjasama dengan baik dalam mensukseskan Program sertipikat PTSL ini, dan memberikan arahan yang benar kepada warganya, dan membuat kesepakatan bersama. Hal itu menurutnya untuk menjaga semuanya dari tekanan siapapun, karena apa yang Iakukan semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat, dan membuktikan bahwa semua dapat melayani profesional dan lebih baik dari sisi kualitas produk yang dihasilkan.

"Selanjutnya, pada kesempatan ini, saya ucapkan selamat kepada panjenengan semua yang baru saja diangkat sumpahnya menjadi Panitia Ajudikasi dan Satgas PTSL 2021. Laksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggungjawab serta transparan dalam menginformasikan yang sebenar-benamya kepada masyarakat tentang program PTSL ini. Jika ada perbedaan biaya yang timbul maka agar bisa diselesaikan secara oyektif kepada masyarakat," pinta Wabub Kendal.

Wabub Masrur juga mengingatkan agar tidak ada terjadi pungutan liar (Pungli) yang mana akan mengakibatkan hanya merugikan diri sendiri dan merugikan institusi. "Amanah yang telah diberikan kepada panjenengan semua untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, karena loyalitas dan dedikasi kepada negara sangat diperlukan saat ini. Tugas mulia sudah menunggu, saya harap selesaikan target PTSL tahun ini, sehingga Kabupaten Kendal bukan Iengkap terpetakan, tapi Iengkap tersertifikat," tegas Wakil Bupati Masrur mengakhiri pembuatan Bupati Kendal, sekaligus membuka acara tersebut.

Sementara itu, Diyah Tin Agustinah Kepala Desa Caruban Kecamatan Ringinarum, salah satu panitia pelaksana PTSL mengatakan, bahwa persyaratan mendaftar PTSL ini sangat mudah, dan pastinya akan sangat bermanfaat bagi warga. "Adanya PTSL ini sangat bermanfaat khusunya bagi warga. Di Desa Caruban sendiri kurang lebih ada 1100 bidang tanah yang ditargetkan, dan yang baru mendaftar ada 660 bidang tanah, sehingga kami dari Pemdes bersama tokoh masayarakat dan RT/RW terus menisolasikan PTSL agar bidang tanah warga semuanya bisa besertifikat," harapnya.

(Diskominfo/HR)


Indeks Berita