Berita Terkini


Menyambut Hari Batik Nasional, Gabungan Pelajar Membatik Potensi Kendal

Selasa, 20 September 2022 15:34:31

Kendal - Menyambut Hari Batik Nasional tahun 2022 beberapa pelajar mulai dari SD, SMP dan SMK membatik di satu kain secara bersamaan, Selasa (20/9/2022).

Membatik dipusatkan di SMKN 1 Kendal dengan pendamping langsung dari pengrajin batik asli Kendal yaitu Batik Wiji.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal Wahyu Yusuf Ahmadi mengatakan, bahwa batik adalah warisan maka dari itu generasi muda harus didukung terutama yang memang menjadikan sebagai minat dan bakat.

"Penetapan Hari Batik Nasional tersebut merupakan usaha pemerintah dalam meningkatkan martabat bangsa Indonesia, tugas kita terus mendorong generasi muda gerakan belajar dengan menyalurkan minat bakat, terutama dibidang membatik," jelas Wahyu Yusuf Ahmadi.

Adapun motif batik yang dibuat oleh para siswa pada kain kurang lebih 10 meter tersebut, membatik dengan tema potensi Kabupaten Kendal.

Sementara Ketua TP PKK Kendal Wynne Frederica mengharapkan batik asli Kendal dapat dikenal di hingga tingkat Nasional, dengan memiliki ciri khas tersendiri.

"Saya berharap banget, Ibu Negara dan Bapak Presiden, Pak Jokowi, bisa mengenakan batik asli Kendal. Kemudian ini kainyang sedang dibuat oleh adik-adik akan saya kenakan nanti pada hari batik Nasional bersama Bupati," jelas Wynne Frederica.

Dengan adanya ini diharapkan dapat meningkatkan minat siswa dalam membatik, Wynne Frederica dengan sengaja lebih memilih hasil karya pelajar, lantaran agar para pelajar yang mengerjakan memiliki kebanggaan dan mereka akan terus menekuni bakat mereka di Batik.

Salah satu peserta dari SD 2 Fawatihul Husna Takhasus Peganon, Khanafi (8) Kelas 3 SD mengatakan, bahwa membatik adalah hobi, senang karena senang menggambar, dan kata ibu untuk melestarikan budaya.

Pada kegiatan Kendal Membatik tersebut, selain perwakilan para siswa mulai dari SD, SMP dan SMK, turut serta dari murid SLB yang ikut berpartisipasi bersama.

 

(Diskominfo/AK)


Indeks Berita