Berita Terkini


KPU Kendal Mulai Distribusikan Logistik Pemilu ke Tingkat Kecamatan

Rabu, 07 Februari 2024 22:04:45

Kendal- Pemilihan Umum Tahun 2024 akan segera dilaksanakan, terhitung kurang 7 hari lagi tepatnya pada tanggal 14 Februari, sehingga logistik terkait dengan Pemilu sudah harus mulai didistribusikan di tingkat wilayah kecamatan.

Seperti halnya di daerah Kabupaten Kendal, terkait dengan pendistribusian Logistik Pemilu sudah mulai didistribusikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal ditingkat wilayah kecamatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Kendal, Kasanudin saat ditemui di gudang logistik KPU Kendal yang bertempat di Asrama Haji Desa Langenharjo Kecamatan Kendal, Rabu (7/2/2024).

Kasanudin menyampaikan, bahwa terkait dengan pendistribusian logistik Pemilu sudah dimulai sejak tanggal 6 Februari kemarin.

"Logistik sudah kami distribusikan di tingkat kecamatan dari kemarin, dan perkirakan berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 6 hingga 10 Februari. Kemudian setelah selesai, pada tanggal 11 akan didistribusikan ke desa maupun ke kelurahannya masing-masing dan diteruskan tempat pemungutan suara," tutur Kasanudin.

Lebih lanjut Kasanudin mengatakan, logistik pemilu yang dikirim merupakan kebutuhan lengkap untuk Pemilu, seperti surat suara beserta kelengkapannya, dan masing-masing sudah dikemas dalam kotak tertutup yang tersegel.

"Logistik Pemilu ada yang dikemas dalam kotak, seperti surat suara untuk Pilpres, DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten," terang Ketua KPU Kendal.

Pihaknya juga menyampaikan, bahwa terkait dengan pengiriman logistik pemilu ini bekerja sama dengan Kantor Pos yang menggunakan mobil box paket pos, dan dibantu pengamanan oleh Polri dan TNI.

Dalam hal mengantisipasi musim hujan sekarang ini, pihak KPU Kendal telah berkoodinasi dengan masing-masing kecamatan, desa dan petugas TPS untuk memastikan tempat penyimpanan logistik benar-benar aman, terutama di wilayah yang rawan banjir.

Sedangkan untuk pengawasan pengiriman logistik tersebut dilakukan secara melekat, dengan melibatkan seluruh petugas pengawas, baik Panwascam, Pengawas Kelurahan dan Desa, hingga Pengawas TPS, baik dari gudang KPU ke kecamatan hingga ke desa dan TPS.

"Selain itu, kami juga mengawasi tempat penyimpanan harus benar-benar aman, baik dari banjir, tidak bocor, tidak lembab, dan bebas dari tikus," ungkap Kasanudin.

Perlu diketahui bahwa pengiriman logistik ke kecamatan, tiap harinya menyasar empat kecamatan. Kecamatan Platungan, Pageruyung, Limbangan, Singorojo tanggal 6 Februari. Kecamatan Sukorejo, Patean, Boja dan Kaliwungu Selatan tanggal 7 Februari. Kecamatan Ringinarum, Weleri Kaliwungu, Brangsong tanggal Februari.

Kecamatan Gemuh, Rowosari, Pegandon dan Ngampel tanggal 9 Februari. Kecamatan Kangkung, Patebon, Cepiring, Kendal tanggal 10 Februari.

Diskominfo/HR


Indeks Berita