Berita Terkini


Pemkab Kendal Bersama Ormas Keagamaan Gelar Deklarasi Pemilu Damai

Senin, 12 Februari 2024 19:09:41

Kendal- Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Badan Kesbangpol Kendal menggelar deklarasi Pemilu damai sekaligus penandatanganan komitmen bersama, Senin (12/2/2024) bertempat di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal.

 

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, B.Sc, Ketua MUI Kendal, KH. Asroi Tohir, Ketua FKUB Kendal, K.H M. Idris Nur, Kepala Badan Kesbangpol Kendal, Alfebian Yulando, Kepala Kejaksaan Negeri Kendal, Erni Veronica Maramba, Kabag OP Polres Kendal, AKP. Abdulah Umar, dan Perwakilan Kementerian Agama Kendal, Maesaroh.

 

Acara diikuti oleh Ketua PCNU Kendal, KH. Mustamsikin, Ketua PD Muhammadiyah, Ikhsan Intizam, dan para pimpinan Ormas keagamaan di Kabupaten Kendal.

 

Dalam laporannya, Kepala Badan Kesbangpol Kendal, Alfebian Yulando menyampaikan, terselenggaranya kegiatan ini karena atas dorongan dan rasa tanggung jawab dari semua masyarakat, khususnya para tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk mewujudkan pemilu yang damai aman tentram dan harmonis, agar dapat berjalan dengan baik, Luber dan Jurdil.

 

"Adapun hasil yang diharapkan adalah terciptanya Pemilu sesuai dengan nilai-nilai demokrasi, karena dalam pelaksanaannya FKUB juga memiliki peran penting dalam menjaga toleransi dan mengantisipasi, serta mencegah terjadinya konflik di masyarakat," tutur Alfebian.

 

Ia juga menyampaikan, bahwa setiap daerah memiliki potensi polarisasi ekstrim, maka dari itu MUI dan FKUB bisa mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menjadikan Pemilu sebagai pesta demokrasi dengan tetap menjaga persaudaraan dan persatuan, sehingga bisa memberikan manfaat bagi masa depan bangsa.

 

Dalam kesempatan itu, Ketua MUI Kendal, KH. Asroi Tohir mengatakan, sesuai yang ada di kitab suci Al-Qur'an Surat Al-Hujurat yang mengatakan, tidak boleh menghina dan mengejek kelompok maupun komunitas lain, sehingga menjadi kewajiban bersama untuk saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

 

"Kita sepakat pada pelaksanaan Pemilu ini untuk bersama-sama menjaga perdamaian dan ikut serta mengawal terselenggaranya Pemilu tahun 2024 dengan baik," tutur KH. Asroi Tohir.

 

Ia juga menyampaikan, bahwa para tokoh agama dan tokoh masyarakat bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal sudah berpengalaman dalam menghadapi pemilu-pemilu sebelumnya, karena bukan pertama atau yang kedua, namun sudah sekian kalinya, sehingga semua berkewajiban menjaga persatuan dan kesatuan, dan meneruskan langkah perjuangan dan pengorbanan para pahlawan pendiri negara Indonesia, yang sudah mendirikan negara yang begitu kokoh dan kuat.

 

Dalam sambutannya, Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto menyampaikan, kesepakatan bersama untuk deklarasi damai menuju Pemilu 2024, tentunya semua pihak harus bersama-sama memastikan bahwa Pemilu dapat berjalan dengan baik, lancar aman dan damai.

 

"Melalui deklarasi damai ini, kita harus bersama-sama menjaga dan memastikan bahwa seluruh rangkaian Pemilu hingga selesai bisa berjalan dengan baik, aman, dan lancar," tutur Bupati Dico.

 

Bupati Dico juga mengungkapkan, bahwa belajar dari sejarah maupun pemilu sebelumnya, untuk proses pemilu di Kabupaten Kendal hingga sampai hari ini selalu berjalan dengan aman, sehingga harus terus dijaga dan terus tingkatkan.

 

Ia juga mengingatkan kepada semua pihak, agar tidak boleh lengah, dan memastikan jangan sampai ada upaya dari oknum-oknum tertentu yang nantinya bisa membuat Pemilu menjadi tidak kondusif.

 

"Saya sangat percaya, jika ketua PCNU, Ketua PD Muhammadiyah, FKUB, MUI, TNI, Polri, serta pimpinan Ormas keagamaan lainnya sama-sama memiliki visi yang sama untuk memastikan Pemilu berjalan dengan baik, maka, InsaAllah saya juga percaya rangkaian pemilu di Kabupaten Kendal tahun 2024 ini mudah-mudahan berjalan dengan lancar," kata Bupati Dico.

 

Bupati Dico menegaskan, Pemerintah Kabupaten Kendal bersama jajaran Forkopimda akan terus melakukan monitoring memastikan seluruh rangkaian ini bisa berjalan dengan baik.

 

"Kami juga sampaikan terima kasih atas kehadiran Bapak dan Ibu semua, mudah-mudahan dengan deklarasi damai dan penandatanganan komitmen ini bukan hanya sekedar tanda tangan, tapi kita benar-benar melaksanakan, menjaga, dan memastikan bahwa Pemilu 2024 berjalan dengan aman, nyaman, dan damai," tutup Bupati Kendal Dico M. Ganinduto mengakhiri sambutannya.

 

Acara dilanjutkan dengan pembacaan ikrar bersama oleh Ketua FKUB Kendal, dan penandatanganan komitmen bersama sukseskan Pemilu damai oleh semua pimpinan yang hadir dalam acara tersebut, baik dari FKUB, MUI, semua Ormas keagamaan, dan Kemenag, serta Bupati Kendal.

 

Diskominfo/HR


Indeks Berita